Saturday, March 24, 2012

1. Klasifikasi Sistem waktu nyata berdasarkan sinkronisasi proses ekternal dengan task internal
Clock-based Task
Sistem Waktu Nyata yang diukur berdasarkan konstanta waktu yaitu waktu yang diambil dari respon suatu plant terhadap perubahan input atau beban.Konstanta waktu bisa diukur dalam satuan jam untuk proses kimia atau detik untuk sistem penerbangan.Semakin kecil konstanta waktu maka sampling rate semakin kecil
Sinkronisasi diperoleh dengan menambahkan clock pada sistem komputer yang dikenal dengan real-time clock. Sinyal clock ini digunakan untuk menginterrupt operasi komputer pada waktu-waktu yang telah ditetapkan (Clock-interrupt)
Event-Based Task
Sistem yang beraksi karena respon terhadap suatu kejadian (event). Task dieksekusi setelah menerima event dimana event tersebut terjadi tidak dalam interval waktu yang tetap
Contoh event-Based Task menutup katup pada saat permukaan air sudah mengenai batas penuh,Sistem buka/tutup katup tangki minyak,Alarm (mobil, kebakaran, dll).Sumber event: sensor (temperatur, asap, getaran, dll).
Digunakan interrupt untuk memberitahukan komputer aksi yang diperlukan atau bisa juga mempergunakan pooling (komputer menanyakan (polls) pada sensor apakah perlu dilakukan aksi).
Interactive Systems
Sistem waktu nyata yang terjadi karena adanya suatu kejadian dan waktu rata-rata dari respon kejadian ini tidak boleh melebihi waktu yang ditetapkan. Jadi merupakan gabungan antara clock-based dan event-based hanya bedanya waktu respon setiap kejadian tidak selalu sama.
Misal pengambilan uang di ATM.
1. Klasifikasi Sistem waktu nyata berdasarkan sinkronisasi proses ekternal dengan task internal
Clock-based Task
Sistem Waktu Nyata yang diukur berdasarkan konstanta waktu yaitu waktu yang diambil dari respon suatu plant terhadap perubahan input atau beban.Konstanta waktu bisa diukur dalam satuan jam untuk proses kimia atau detik untuk sistem penerbangan.Semakin kecil konstanta waktu maka sampling rate semakin kecil
Sinkronisasi diperoleh dengan menambahkan clock pada sistem komputer yang dikenal dengan real-time clock. Sinyal clock ini digunakan untuk menginterrupt operasi komputer pada waktu-waktu yang telah ditetapkan (Clock-interrupt)
Event-Based Task
Sistem yang beraksi karena respon terhadap suatu kejadian (event). Task dieksekusi setelah menerima event dimana event tersebut terjadi tidak dalam interval waktu yang tetap
Contoh event-Based Task menutup katup pada saat permukaan air sudah mengenai batas penuh,Sistem buka/tutup katup tangki minyak,Alarm (mobil, kebakaran, dll).Sumber event: sensor (temperatur, asap, getaran, dll).
Digunakan interrupt untuk memberitahukan komputer aksi yang diperlukan atau bisa juga mempergunakan pooling (komputer menanyakan (polls) pada sensor apakah perlu dilakukan aksi).
Interactive Systems
Sistem waktu nyata yang terjadi karena adanya suatu kejadian dan waktu rata-rata dari respon kejadian ini tidak boleh melebihi waktu yang ditetapkan. Jadi merupakan gabungan antara clock-based dan event-based hanya bedanya waktu respon setiap kejadian tidak selalu sama.
Misal pengambilan uang di ATM.

No comments:

Post a Comment